`

Senin, 12 Juli 2010

Keheningan di Amsterdam


Piala Dunia 2010 Telah Berkahir, dan Spanyol menjadi juara. Belanda Kalah 0-1 dari Spanyol. Ribuan kilometer jauhnya dari Johannesburg, para pendukung Belanda di Amsterdam menyesali kekalahan tim nasionalnya.

Johannesburg dan Amsterdam dipisahkan jarak sampai 9028 kilometer, tapi kabar kekalahan itu sampai dengan cepat. Seketika Andres Iniesta mencetak gol di Soccer City Stadium, pendukung De Oranje pun terhenyak.

Sebanyak 180.000 orang yang memadati Amsterdam Museum Square tiba-tiba mengalami keheningan massal. Padahal nyaris sepanjang pertandingan ratusan ribu orang itu selalu berteriak menyemangati Wesley Sneijder dkk.

"Saya sangat kecewa, tetapi kami tak layak menang. Sangat disayangkan," ujar Chris Schreve, pria berusia 33 tahun yang sehari-harinya bekerja sebagai marketing manager kepada Reuters.

Puluhan ribu orang pulang dengan tenang ketika wasit Howard Webb akhirnya meniup peluit panjang. Tak ada aksi loncat ke kanal atau pesta sepanjang malam, karena memang tak ada yang harus dirayakan.

"Puluhan ribu orang pulang dari Museum Square dengan tenang," tukas salah seorang petugas kepolisian.

Belanda kalah 0-1 akibat gol Iniesta di menit 116, membuat pasukan Bert van Marwijk itu mengulangi kegagalan para pendahulunya di tahun 1974 dan 1978. Bagi pendukungnya di Amsterdam, kekalahan itu berarti tak akan ada parade perayaan juara pada hari Selasa besok.

Namun demikian, para punggawa 'Tim Oranye' tetap akan mendapatkan sambutan. Rencananya, acara ini juga akan dilakukan di Museum Square.

Kutipan dari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar